Pages

Review Buku 50 Kiat Menghadapi Vonis Penyakit Jantung



Nama   : Muhammad Rizaldi
NIM    : 1401120929
Prodi   : Pendidikan Bahasa Inggris
 
STATE ISLAMIC INTITUTE OF PALANGKA RAYA

www.tokopedia.com/delanibookstoree

Judul               : 50 Kiat Menghadapi Vonis Penyakit Jantung
Penulis             : Fredric J. Pashkow, M. D. & Charlotte Libov
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
Kota                : Jakarta
Tahun              : 1997
Halaman          : 222

Latar Belakang
            Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 (satu) bagi kaum laki-laki dan perempuan Amerika. Semua yang memiliki riwayat penyakit jantung tentu akan merasa shock terlebih lagi jika orang yang sehat-sehat namun ternyata divonis memiliki penyakit jantung. Faktor-faktor resiko penyakit jantung dikarenakan pola hidup yang tidak sehat dan sering mengkonsumsi makan cepat saji / junkfood. Adapun faktor lain diantaranya seperti merokok, riwayat penyakit jantung dalam keluarga, kadar kolestrol yang tinggi, diabetes, hipertensi, kurang olahraga dan stres.
            Tujuan dari buku ini bukanlah untuk membungkam kita terhadap hal-hal yang negatif. Namun bagaimana jika jutaan orang dengan penyakit jantung bisa menikmati gaya hidup yang aktif dan memuaskan? Apa rahasia mereka? Mereka tidak memandang vonis penyakit jantung merupakan sebuah hukuman untuk menjadi “invalid” sepanjang hidup. Namun mereka menganggap nya sebagai katalisator yang mendorong mereka untuk membuat perubahan secara positif.

Review
            Buku “50 Kiat Menghadapi Vonis Penyakit Jantung” merupakan sebuah bacaan yang bagus bukan hanya kepada yang memiliki penyakit jantung namun juga kepada orang-orang sehat. Saya sangat merekomendasikan buku ini karena banyak orang diluar sana yang menganggap jika kita memiliki penyakit jantung maka kita “invalid” dan tidak bisa menjalankan kehidupan secara normal. TIDAK ! melalui buku ini kita masih bisa hidup normal dan menikmati hidup kita namun dengan cara yang sedikit berbeda.
            Dalam buku ini ada kisah nyata dari seorang perawat bernama Linda yang berusia 50 tahun, ia tidak mengetahui bahwa ia mempunyai penyakit jantung. Tidak heran karena ia merupakan seorang perokok berat dan sering mengkonsumi makanan cepat saji / junkfood. Sekarang ia menasehati pasien-pasien nya untuk makan dengan benar dan berolahraga secara teratur dan terukur dan dengan kehidupan secara sehat Linda merasa sepuluh tahun lebih muda. Selain cerita di atas masih banyak kisah yang menginspirasi didalam buku ini.
            Faktor-faktor risiko utama penyakit jantung adalah:

  • Merokok
  • Stres
  • Hipertensi
  • Obesitas
  • Diabetes
  • Riwayat penyakit jantung dalam keluarga
  • Dan kurang berolahraga.


Namun didalam buku ini saya tidak menuliskan semua 50 pokok untuk menghadapi vonis penyakit jantung dikarenakan ini sebuah review saja, oleh sebab itu sebagai gantinya saya akan memberikan beberapa hal pokok nya saja jika anda divonis penyakit jantung, diantara lain:

  1. Berhenti merokok.
  2. Membantu orang yang anda cintai untuk berhenti merokok.
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Mengendalikan diabetes.
  5. Mengenal kolesterol.
  6. Menurunkan berat badan berlebih (obesitas).
  7. Menganggap latihan olahraga juga sebagai terapi.
  8. Mengurangi stres pekerjaan.
  9. Berjalan kaki atau berlari.
  10. Mengetahui apa yang harus anda lakukan ketika anda mendapat serangan nyeri dada.

Kelebihan dan Kekurangan
            Banyak kelebihan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari buku ini. Mulai dari kita mengenal penyakit jantung, apa yang harus kita lakukan jika divonis penyakit jantung, bagaimana peran kita terhadap keluarga, teman maupun orang yang kita sayangi jika mempunyai penyakit jantung, dan juga motivasi dari orang-orang yang menikmati gaya hidup yang aktif dan memuaskan. Karena penyakit jantung bukan merupakan sebuah vonis hukuman untuk menjadi manusia yang “invalid” atau orang yang tidak bisa menjalani kehidupan dengan normal. Namun melalui buku ini penyakit jantung sebagai katalisator untuk mendorong kita untuk melakukan hal-hal positif.
            Kekurangan dari buku ini sebenarnya tidak terlalu signifikan hanya terletak dibagian terjemahannya saja, karena buku ini buku terjemahan dari buku aslinya yang berjudul “50 Essential Things To Do When The Doctor Says It’s Heart Disease”. Itulah sedikit kekurangan dibagian penulisan sehingga apa yang kita baca sedikit kurang dapat dipahami. Namun keseluruhan dari buku sangat bagus mulai dari cover dan kertas buku yang digunakan, hingga harga yang terjangkau murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Popular

Diberdayakan oleh Blogger.